Kategori Artikel

    Sejak Maret 2020, Pascasarjana (PPs) UNSRAT tersertifikasi untuk Sistem Management Mutu ISO 9001:2015 oleh lembaga sertifikasi Sakti Indonesia Sertifikasi. Sertifikasi ini mencakup 14 prodi yang ada di PPs UNSRAT (3 prodi doktoral, 10 prodi magister, dan 1 prodi profesi). Setelah setahun kemudian, pada tanggal 29 Maret 2021, diadakan Surveilan oleh Auditor Sakti Indonesia (W.S. Leksana dan Oke Oktavianty). Surveilan tersebut dilakukan secara daring (online), karena mempertimbangan saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19. Semua komponen PPs UNSRAT (direktur, wakil direktur, koordinator prodi, unit penjaminan mutu, dan sub-koordinator fungsional) hadir mengikuti kegiatan tersebut. Rekomendasi dari kegiatan surveilan tersebut ialah ISO 9001:2015 di PPs UNSRAT masih bisa dipertahankan

     

    sur1.jpeg

    sur4.jpeg

    sur9.jpeg

    sur3.jpeg

    sur2.jpeg

    sur5.jpeg

    sur7.jpeg

    sur6.jpeg

    sur8.jpeg

    sertifikat ISO.jpg

     

    Rapat Kerja (Raker) UNSRAT dilaksanakan pada 12 Januari 2021 dengan tema “UNSRAT 2021: Consistently Stronger”. Rapat kerja ini dilaksanakan secara hybrid (secara luring dan daring) di mana pelaksanaan secara luring dengan menerapkan Protap Kesehatan Covid-19 yang ketat, sedangkan secara daring dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting. Dengan cara tersebut, dalam rapat dapat dihadirkan semua komponen institusi UNSRAT yang relevan, yaitu: dewan pengawas, senat, majelis guru besar, pimpinan universitas, pimpinan fakultas dan pascasarjana (ketua jurusan dan koordinator program studi), dan lembaga.

    Rektor UNSRAT, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, memberi sambutan dan membuka kegiatan ini. Berikut ini, sambut Rektor Unsrat:

    Raker 8.jpeg

     

    Shalom, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh; Salam Sejahtera Bagi Kita Semua; Om Swastyastu, Namo Buddhaya; Salam Kebajikan.

    Mengawali Rapat Kerja Universitas Sam Ratulangi di tahun 2021 ini dengan tema Unsrat 2021: Consistently Stronger, saya kembali mengajak kita semua untuk terus bekerja dan berkarya terbaik melalui tupoksi kita masing-masing. Sekalipun di tengah berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi, justru kreativitas dan inovasi harus semakin tertantang untuk bangkit mengatasi permasalahan.

    Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Pendidikan Tinggi merupakan organisasi yang paling sempurna sebagai rujukan reformasi di mana Inovasi menjadi kata kunci.

    Oleh sebab itu, janganlah kita terjebak dalam rutinitas belaka, justru kita harus terpicu untuk mengembangkan cara-cara baru sebagai respons cerdas terhadap perubahan yang tengah berlangsung. Di setiap unit kerja, tumbuhkanlah niat dan semangat mahasiswa serta dosen untuk berinovasi.

    Kita tahu bersama bahwa melalui sistem yang ada, mahasiswa difasilitasi agar bisa belajar secara variatif, baik secara teori maupun melalui pelaku industri, wirausahawan, praktisi pemerintahan, atau pelaku lapangan lainnya.

    Kerjasama dengan para praktisi ini bukan hanya untuk memberikan pengalaman kerja kepada para mahasiswa, tetapi juga bisa bekerjasama untuk penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi, dunia industri, sekaligus pengembangan ilmu-ilmu murni. Ini berlaku kepada semua perguruan tinggi di Indonesia.

    Hasil-hasil penelitian harus dapat diabdikan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta keseimbangan alam. Lembaga-lembaga diharapkan untuk berpikir dan bertindak ‘outside the box’ dengan memperkuat kolaborasi dengan dunia industri demi kemajuan daerah dan bangsa.

    Intinya adalah sambil melakukan pembenahan secara terus-menerus sesuai dengan standar mutu yang ada, kita pun harus mampu membawa nama Universitas Sam Ratulangi dengan selalu menjaga integritas dalam menjalankan amanah Tri Dharmanya.

    Tekad dan komitmen itu harus ada pada semua unit kerja, semua harus bergerak dalam satu sistem; kita semua diikat dalam aturan main atau standar pelayanan minimal yang tidak boleh dilanggar sebagai satu komunitas akademik Universitas Sam Ratulangi.

    Harapan saya selaku Rektor, tahun 2021 ini merupakan tahun yang terakhir dalam kepemimpinan kami; justru itulah saya mengajak kita semua untuk meninggalkan tapak dan legacy yang terbaik bagi pendidikan anak bangsa di mana kita semua ‘pernah’ menjadi bagian penting di dalamnya. Dan dalam kebersamaan, marilah kita mengukir sejarah Universitas Sam Ratulangi yang berprestasi unggul, berbudaya, tangguh, dan tahan uji.

    Selamat bekerja, Tuhan YMK senantiasa melimpahkan hikmah-Nya kepada kita semua.

    Terima kasih. Wasassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh; Shalom.

     

    (Untuk mengunduh sambutan Rektor, silakan klik di sini)

     

    Evaluasi capaian kinerja Unsrat pada tahun 2020 dan rencana kerja pada tahun 2021 disampaikan masing-masing oleh Wakil Rektor yang membidangi akademik, umum dan keuangan, kemahasiswaan, dan perencanaan. Selain itu, Ketua Dewan Pengawasan memberikan arahan bagi pelaksanaan program kegiatan Unsrat di tahun 2021.

    Dalam raker ini juga dilakukan penandatanganan kontrak kerja tahun 2021 antara Rektor dan para Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga yang ada di Unsrat.

    Raker ditutup secara resmi dengan penyampaian ucapan terima kasih oleh Prof. Ir. Farnis B. Boneka, M.Sc selaku Ketua Panitia kegiatan.

     

    Raker 2.jpeg

    Suasana raker secara luring

     

    Raker 11.jpeg

    Rektor dan Wakil Rektor dalam penyampaian evaluasi dan perencanaan

     

    Raker 7.jpeg

    Arahan Ketua Dewan Pengawas, yang dilakukan secara daring

     

    Raker 6.jpeg

    Penandatanganan kontrak kerja oleh Rektor dan para Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga

     

    Raker 10.jpeg

    Sebagian peserta raker: Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga

     

    Raker 5.jpeg

    Foto bersama Rektor dan Wakil Rektor; Semangat !!!

     

    Raker 4.jpeg

    Foto bersama, Rektor dan Direktur Pascasarjana (Prof. D.Tech.Sc. Ir. Markus T. Lasut, M.Sc), serta Wakil Direktur Pascasarjana (Ir. Arthur G. Pinaria, PhD & Dr.Eng. Ir. Pingkan P. Egam, ST., M.Eng)

     

     

    Halaman 1 dari 37

    Artikel terbaru

    © 2018 Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi