Kategori Artikel

    Webinar "Penerapan & Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) di Perguruan Tinggi" (9 Sep 2022)

    WEBINAR

     

    Penerapan & Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) di Perguruan Tinggi

    JUMAT, 9 SEPTEMBER 2022, PUKUL 13:00 - 18:00

     

     

    webinar.jpeg

     

     

     

    TERM OF REFERENCE

     

    Latar Belakang Kegiatan

    Di Indonesia, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) harus dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan Pendidikan Nasional yang bermutu (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Standar Nasional Pendidikan Nomor 57 Tahun 2021, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3, 2020). Pada saat yang sama, hal ini harus dilakukan secara berkelanjutan (Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003). Berdasarkan hal tersebut, maka Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) berupaya untuk terus meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System/QMS).

    Di UNSRAT, implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) sementara diupayakan. Walaupun sejak tahun 2021, UNSRAT telah terakreditasi “Unggul” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), namun, sampai pada Maret 2022, dari semua program studi (prodi) yang ada, baik program studi doktor, magister, sarjana, maupun profesi, hanya 14 prodi yang telah tersertifikasi internasional SMM (QMS) oleh “International Organization for Standardization” ISO 9001:2005. Fakta ini menunjukkan, bahwa program studi di UNSRAT perlu didorong untuk mencapai kualitas yang lebih baik sesuai dengan standar internasional. Oleh karena itu pemahaman dan persiapan yang berkesinambungan bagi semua pihak, terutama koordinator program studi, tentang Sistem Penjaminan Mutu (Quality Assurance System/QAS) dan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management Sistem/QMS) sangat diperlukan.

    Seperti halnya di UNSRAT, di perguruan tinggi lainnya di Indonesia hendaknya mengimplentasikan SMM untuk menjamin kualitas/mutu pelayanan yang tinggi bagi masyarakat, terutama bagi mahasiswa. Pelaksanaannya hendaknya bukan hanya pada tingkat program studi tetapi pada semua unit pelaksana layanan yang ada di perguruan tinggi. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kegiatan ini dilaksanakan.

    Kegiatan ini sejalan dengan kegiatan yang juga sedang dilaksanakan di tingkat Program Pascasarjana di UNSRAT (melibatkan 7 program studi), yaitu Dissemination of Quality Management System towards Study Programme Accreditation and International Certification,” yang didanai oleh The Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE).

     

    Bentuk Kegiatan

    Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk seminar terbuka berbasis jaringan (webinar) yang dihadiri oleh berbagai kalangan di perguruan tinggi, baik dari UNSRAT maupun dari universitas lainnya.

     

    Tujuan Kegiatan

    Tujuan pelaksanaan kegiatan webinar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiap-siagaan program studi dan unit lainnya di perguruan tinggi, khususnya di UNSRAT, dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM).

     

    Format Kegiatan

    Webinar akan diselenggarakan dalam bentuk pemaparan materi oleh narasumber dan kemudian akan didiskusikan oleh para peserta secara terbuka dengan cara memberikan pertanyaan, yang akan dijawab oleh narasumber.

     

    Waktu Pelaksanaan Kegiatan

    Kegiatan webinar ini direncanakan akan dilakanakan pada Jumat, 9 September 2022, Pukul 13:00-18:00 WITA. Adapun agenda webinar (tentative) sebagai berikut:

    New Picture (32).png

     

     

    Pembiayaan

    Pembiayaan penyelenggaraan kegiatan ini akan diambil dari DIPA Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi.

     

     

     

    © 2018 Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi