LinksLinks2

    TATA CARA PERMOHONAN PEMERIKSAAN MATERI DISERTASI OLEH KPKD PASCASARJANA SECARA ONLINE

     

    1. Mahasiswa memastikan materi Disertasi yang dimiliki sudah sesuai dengan "Panduan Penulisan Disertasi" <klik di sini untuk mengunduh>.
    2. Mahasiswa bermohon untuk dilakukan pemeriksaan terhadap disertasi miliknya dengan mengisi formulir pengusulan (klik “Form Pendaftaran” pada bagian FORMULIR di bagian akhir tata cara ini).
    3. Pemeriksaan dilakukan terhadap 3 aspek, yaitu: keabsahan, teknik penulisan, dan ringkasan/summary.
    4. Mahasiswa mengontak (via telepon atau WhatsApp) anggota KPKD yang ditunjuk untuk menanyakan cara pengiriman materi, apakah melalui e-mail atau WA (WhatsApp). PERHATIANMahasiswa tidak diizinkan bertemu dan memberikan materi secara langsung kepada komisi pemeriksa. Semua proses hanya diizinkan dilakukan secara virtual.
    5. Mahasiswa mengirimkan materi disertasi untuk diperiksa ke masing-masing anggota KPKD dengan cara yang telah disepakati pada poin #4. 
    1. Format materi:

      1. Untuk pemeriksaan “Keabsahan”, materi yang dikirim yaitu keseluruhan naskah disertasi dalam bentuk file PDF.
      2. Untuk pemeriksaan “Teknik Penulisan”, materi yang dikirim yaitu keseluruhan naskah disertasi dalam bentuk file WORD.
      3. Untuk “Ringkasan/Summary" (Bahasa Inggris), materi yang dikirim yaitu bagian ringkasan dan summary (Bahasa Inggris) saja dalam bentuk file WORD.

       

    2. Mahasiswa memperbaiki materi disertasi sesuai arahan dari komisi pemeriksa. Hal ini dilakukan sampai mendapatkan persetujuan dari komisi pemeriksa bahwa materi disertasi sudah selesai diperiksa. Secara normal (tanpa perbaikan), pemeriksaan memerlukan waktu maksimal 1 (satu) minggu (terhitung sejak file materi dikirim ke komisi pemeriksa). Apabila sampai waktu yang telah ditentukan pemeriksaan belum selesai, maka mahasiswa boleh mengontak komisi pemeriksa (via telepon atau WhatsApp).
    3. Hasil pemeriksaan dapat diperoleh dari pegawai yang menangani hal ini, Stenly Jacobis (Tel/WA: 0812-4567-8428).
    4. Mahasiswa memantau proses pemeriksanaan (klik “Pantau Proses Pemeriksaan” pada bagian FORMULIR di bagian akhir tata cara ini).

     

     

    FORMULIR

     

    INFO: Apabila mengalami masalah dalam proses permohonan, hubungi Evane Pangkey (Tel/WA: 0852-4038-3140).

     

     

    TATACARA PENGUSULAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) SECARA ONLINE

     

    1. Mahasiswa berkonsultasi dengan semua dosen pembimbing penelitiannya, baik Pembimbing 1/Promotor, Pembimbing 2/Co-Promotor 1, dan Pembimbing 3/Co-Promotor 2. Konsultasi dilakukan untuk menindaklanjuti semua usulan-usulan yang diberikan oleh para penguji pada saat Sidang Ujian Komprehensif Tesis/Promosi. Lakukan finalisasi naskah tesis/disertasi sesuai dengan "Panduan Penulisan Tesis"/ "Panduan Penulisan Disertasi" atas arahan semua dosen pembimbing. 
    2. Naskah Tesis/Disertasi yang telah disetujui dan telah sesuai dengan format penulisan Tesis/Disertasi ditransform ke dalam bentuk file PDF dan diberi nama file: “namamahasiswa_tesis” untuk Tesis dan “namamahasiswa_disertasi” untuk disertasi.
    3. Mahasiswa mengisi form biodata secara lengkap. Form biodata diunduh --- klik di sini--- Kemudian biodata ditransformasi ke dalam file PDF dan diberi nama file: “namamahasiswa_biodata”.
    4. Apabila telah selesai menyiapkan file PDF naskah tesis/disertasi dan file PDF biodata, mintalah bantuan kepada Dosen Pembimbing 1/Promotor untuk mengisi secara online “Form Registrasi Penerbitan SKL”. INGAT: Pengisian Form Regitrasi Penerbitan SKL hanya bisa dilakukan oleh Dosen Pembimbing 1/Promotor.
    5. Dosen Pembimbing 1/Promotor melakukan pengisian “Form Registrasi Penerbitan SKL” secara online dengan cara --- klik di sini --- Isilah semua pertanyaan yang ada di dalam form. PERHATIAN: Pengisian tidak lengkap dapat menyebabkan pengusulan ditolak/tidak di proses.
    6. Setelah selesai pengisian form secara online, Mahasiswa mengirim file PDF naskah tesis/disertasi dan file PDF biodata ke Administrasi Pascasarjana Unsrat melalui e-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
    7. Korprodi di mana mahasiswa berasal melakukan pertejuan atas usulan yang dilakukan. Untuk melakukan persetujuan, silakan --- klik di sini ---
    8. Untuk memantau proses dan status pengusulan, silakan --- klik di sini ---

     

     

    FORMULIR & PEMANTAUAN

     

     

    Prakata

    Selamat datang di situs resmi Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi (PPs Unsrat), Manado. Untuk mengenal dan mengetahui tentang PPs Unsrat yang telah tersertifikasi ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018 ini, silakan berselancar lebih jauh ke dalam situs ini. Semoga bermanfaat.

    Direktur PPs Unsrat:

    Prof. D.Tech.Sc. Ir. Markus T. Lasut, M.Sc

    Sebaiknya Anda Tahu:

    • Alamat

      Pascasarjana Unsrat

      Jl. Kampus Unsrat Bahu

      Manado 95115

    • E-mail

      pascasarjana@unsrat.ac.id

    © 2018 Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi