Kampus 1.jpg

     

     


     

     

     

     

     

     


     

     

    VISI

    Membangun Program Studi Doktor Entomologi Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Entomologi di Kawasan Timur Indonesia khususnya dan Indonesia umumnya.

    MISI

    1. Membangun manusia Indonesia yang unggul dan berkualitas dalam bidang entomologi pertanian, peternakan,  kesehatan, dan lingkungan hidup.
    2. Meningkatkan kesejahteraan manusia melalui karya dan pengabdian entomologiwan, baik sebagai tenaga pendidik, peneliti, pengambil keputusan, maupun dalam bidang kewirausahaan yang profesional dan dan unggul dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    TUJUAN

    1. Menghasilkan ilmuwan, tenaga pendidik, peneliti, praktisi, dan usahawan dalam bidang entomologi.
    2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam (i) penalaran ilmiah, (ii) perencanaan dan pengembangan berbagai metode dan teknik dalam pemanfaatan serangga berguna dan patogen sebagai komponen utama pada Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dalam berbagai agroekosistem, pemanfaatannya dalam bidang kesehatan, forensik dan indikator lingkungan hidup, (iii) mempersiapkan peserta didik untuk dapat melanjutkan ilmu dalam bidang entomologi.
    3. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga mampu menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang entomologi pertanian, peternakan, kesehatan dan lingkungan hidup, guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

     

     

     


     

     

     

     

     

     


     

     

     

     

     

     


     

     

     

     

     

     


     

     

     

    Persyaratan Umum

    PERSYARATAN PROGRAM PENDIDIKAN DOKTOR

    (A) Persyaratan Akademik Pendidikan Doktor (S3)

    Lulusan Program Magister

    • Ijasah dan Transkrip Magister dengan IPK minimal 3.25
    • Pemegang Ijasah Magister dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti
    • Membuat rencana (Proposal) penelitian dan melampirkan karya-karya ilmiahnya yang dilakukan secara mandiri maupun yang merupakan penelitian kelompok.
    • Perguruan Tinggi Terakreditasi oleh BAN PT (Sertifikat/SK Akreditasi)
    • Perguruan Tinggi dan calon mahasiswa terdaftar pada PD-DIKTI

    (B) Persyaratan Administrasi:

    • Surat Keterangan Sehat Dokter (POLIKLINIK UNSRAT)
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) POLRI
    • Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae)
    • Surat Rekomendasi dari Pimpinan (bagi yang bekerja)
    • Cetak Bukti Pendaftaran Online (laman: http://regmaba.unsrat.ac.id/daftar)
    • Bukti Pembayaran Biaya Seleksi (Slip Bank)
    • Rekomendasi dari 2 (dua) orang Guru Besar/mantan dosen/atasan yang dapat merupakan referensi (Doktor)
    • Rencana/Proposal Penelitian (Doktor)
    • Pas Foto Terbaru 3x4 (1 Lembar)
    • Lamaran peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang tersedia dalam MAP sesuai warna masing-masing Program Studi

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    TATA CARA PERMOHONAN PEMERIKSAAN MATERI TESIS/DISERTASI OLEH KPKT/KPKD SECARA ONLINE

     

    1. Mahasiswa memastikan materi Tesis/Disertasi yang dimiliki sudah sesuai dengan "Panduan Penulisan Tesis" atau "Panduan Penulisan Disertasi". Hal ini penting, untuk mencegah proses pemeriksaan yang memakan waktu lama, yang dapat mengakibatkan tertundanya jadwal ujian yang diinginkan.
    2. Mahasiswa bermohon untuk dilakukan pemeriksaan tesis/disertasi dengan mengisi formulir KPKT/KPKD (klik “Form Pendaftaran” pada bagian FORMULIR di bagian akhir tata cara ini).
    3. Mahasiswa mengecek komisi pemeriksa yang ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan materi tesis/disertasi miliknya (klik “Cek Proses Permohonan” pada bagian FORMULIR di bagian akhir tata cara ini). Setelah mendapatkan nama komisi pemeriksa, lanjut ke proses berikutnya.

    PERHATIAN: Tiga orang komisi ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan materi tesis/disertasi dari aspek: 1) keabsahan; 2) teknik penulisan; 3) ringkasan & summary (Bahasa Inggris).

    1. Mahasiswa mengikuti petunjuk yang diberikan di lembaran Excell; mengontak (via telepon atau WhatsApp) komisi pemeriksa yang ditunjuk untuk menanyakan 2 hal, yaitu:
      1. cara pengiriman materi, apakah melalui e-mail atau WA (WhatsApp).
      2. cara untuk mendapatkan hasil pemeriksaan, apakah melalui e-mail atau WA (WhatsApp). 

    PERHATIANMahasiswa tidak diizinkan bertemu dan memberikan materi secara langsung kepada komisi pemeriksa. Semua proses hanya diizinkan dilakukan secara virtual.

    1. Mahasiswa mengirimkan materi tesis/disertasi untuk diperiksa ke masing-masing komisi pemeriksa yang ditunjuk dengan cara yang telah disepakati pada poin #4. 

        PERHATIAN:

      1. Untuk pemeriksaan “Keabsahan”, materi yang dikirim yaitu keseluruhan naskah tesis/disertasi dalam bentuk file PDF.
      2. Untuk pemeriksaan “Teknik Penulisan”, materi yang dikirim yaitu keseluruhan naskah tesis/disertasi dalam bentuk file WORD.
      3. Untuk “Ringkasan/Summary" (Bahasa Inggris), materi yang dikirim yaitu bagian ringkasan dan summary (Bahasa Inggris) saja dalam bentuk file WORD.

       

    2. Mahasiswa memperbaiki materi tesis/disertasi sesuai arahan dari komisi pemeriksa. Hal ini dilakukan sampai mendapatkan persetujuan dari komisi pemeriksa bahwa materi tesis/disertasi sudah selesai diperiksa. Apabila telah dinyatakan selesai, lanjut ke proses berikutnya. Waktu pemeriksaan selama maksimal 1 (satu) minggu (terhitung sejak file materi dikirim ke komisi pemeriksa). Apabila sampai waktu yang telah ditentukan pemeriksaan belum selesai, maka mahasiswa boleh mengontak komisi pemeriksa (via telepon atau WhatsApp).
    3. Mahasiswa mengontak (via telepon/WA) Panitia (Evane Pangkey; 0852-4038-3140) dan menyampaikan bahwa proses telah selesai.
    4. Panitia mengkonfirmasi tentang penyelesaian pemeriksaan ke semua komisi pemeriksa (via telepon / WA).
    5. Mahasiswa mengecek persetujuan tentang penyelesaian pemeriksaan (klik “Cek Proses Permohonan” pada bagian FORMULIR di bagian akhir tata cara ini).

     

    FORMULIR

     

    INFO: Apabila mengalami masalah dalam proses permohonan, hubungi Evane Pangkey (Tel/WA: 0852-4038-3140).

     

     

    TATACARA PENGUSULAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) SECARA ONLINE

     

    1. Mahasiswa berkonsultasi dengan semua dosen pembimbing penelitiannya, baik Pembimbing 1/Promotor, Pembimbing 2/Co-Promotor 1, dan Pembimbing 3/Co-Promotor 2. Konsultasi dilakukan untuk menindaklanjuti semua usulan-usulan yang diberikan oleh para penguji pada saat Sidang Ujian Komprehensif Tesis/Promosi. Lakukan finalisasi naskah tesis/disertasi sesuai dengan "Panduan Penulisan Tesis"/ "Panduan Penulisan Disertasi" atas arahan semua dosen pembimbing. 
    2. Naskah Tesis/Disertasi yang telah disetujui dan telah sesuai dengan format penulisan Tesis/Disertasi ditransform ke dalam bentuk file PDF dan diberi nama file: “namamahasiswa_tesis” untuk Tesis dan “namamahasiswa_disertasi” untuk disertasi.
    3. Mahasiswa mengisi form biodata secara lengkap. Form biodata diunduh --- klik di sini--- Kemudian biodata ditransformasi ke dalam file PDF dan diberi nama file: “namamahasiswa_biodata”.
    4. Apabila telah selesai menyiapkan file PDF naskah tesis/disertasi dan file PDF biodata, mintalah bantuan kepada Dosen Pembimbing 1/Promotor untuk mengisi secara online “Form Registrasi Penerbitan SKL”. INGAT: Pengisian Form Regitrasi Penerbitan SKL hanya bisa dilakukan oleh Dosen Pembimbing 1/Promotor.
    5. Dosen Pembimbing 1/Promotor melakukan pengisian “Form Registrasi Penerbitan SKL” secara online dengan cara --- klik di sini --- Isilah semua pertanyaan yang ada di dalam form. PERHATIAN: Pengisian tidak lengkap dapat menyebabkan pengusulan ditolak/tidak di proses.
    6. Setelah selesai pengisian form secara online, Mahasiswa mengirim file PDF naskah tesis/disertasi dan file PDF biodata ke Administrasi Pascasarjana Unsrat melalui e-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
    7. Untuk memantau proses dan status pengusulan, silakan --- klik di sini ---

     

    Halaman 1 dari 42

    Prakata

    Selamat datang di situs resmi Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi (PPs Unsrat), Manado. Untuk mengenal dan mengetahui PPs Unsrat, silakan berselancar lebih jauh ke dalam situs ini. Semoga bermanfaat.

    Direktur PPs Unsrat:

    Prof. D.Tech.Sc. Ir. Markus T. Lasut, M.Sc


    SEBAIKNYA ANDA TAHU:

    > Portal INSPIRE Unsrat

    > Tautan Luar (External Links)

    Informasi Penting

    > Siapa akan datang di PPs?

    > Jadwal Seminar & Ujian

    > Jadwal Perkuliahan

    > Info Umum & Alumni

    • Alamat

      Pascasarjana Unsrat

      Jl. Kampus Unsrat Bahu

      Manado 95115

    • E-mail

      pascasarjana@unsrat.ac.id

    Universitas Sam Ratulangi
    Sistem Informasi Akademik Unsrat
    Digital Library
    e-Learnig
    e-Journal
    Webmail Unsrat
    Peta Kampus
    Repositori Unsrat
    © 2018 Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi